Friday 7 September 2012

1st - Momen Terbaik


Momen ini..
Biarlah aku yang paling tau betapa besarnya rasa bahagia dan haru di dalamnya.


16 September 2011, siang hari di Balairung Universitas Indonesia
"Saudari Rahma Muthia, ST. The representative of faculty of engineering". Sontak sorak sorai para wisudawan Teknik menggaung saat namaku dan Chandra disebut oleh moderator. Kami berdua sejenak berpandangan dan tersenyum. Lalu, kami bangkit dari kursi tempat kami duduk. Hari ini, aku duduk di kursi terdepan barisan wisudawan Fakultas Teknik di balairung kampus kami, saat upacara wisudawan berlangsung. Aku dan Chandra segera membalikkan badan dan memberi aba2 pada ratusan wisudawan FT lainnya di belakang kami. Lalu kami semua berdiri dan meneriakkan yel Fakultas Teknik UI yang kami cintai. Tepuk tangan kembali menggaung di antara para wisudawan dan para mahasiswa baru FT di atas tribun balairung. Lalu, bergegas aku dan Chandra segera mengambil posisi dan naik ke atas panggung upacara wisuda. Bersiap menerima tabung wisuda, mendapatkan ucapan selamat dari Rektor dan Dekan Fakultas.

Hari ini, kami, dua orang wisudawan dan wisudawati terbaik Fakultas Teknik UI berdiri di sana. Walau tak yakin pada posisi kedua orang tuaku saat aku berdiri dan berjalan menuju panggung upacara wisuda, aku tak berhenti tersenyum sumringah. Di dalam hati, berkali-kali aku ucapkan, "Ma, Pa, ini bukti kesungguhanku selama 4 tahun. Ini bukti keseriusanku menjalani pilihan studi. Ini bukti kasih sayangku untuk kalian."

September 2008, Balairung Universitas Indonesia
Ini adalah kali kedua aku menghadiri upacara wisuda UI, setelah setahun sebelumnya aku duduk di tribun balairung UI dengan pakaian putih-putih dan jaket almamater sebagai mahasiswa baru yang disambut kedatangannya dalam upacara wisuda, bersamaan dengan pelepasan sarjana baru.

Mama papa duduk di sebelahku hari ini. Beberapa saat lalu, upacara wisuda baru saja dimulai. Kami mengikuti upacara tersebut dengan perasaan bahagia. Hari ini, uda Rahmad Mahendra diwisuda. Alhamdulillah, gelar S.Kom untuknya.

Saat upacara berlangsung, aku melihat dua orang wisudawan mewakili tiap fakultas dan dianugerahi penghargaan sebagai wisudawan terbaik. Tak butuh waktu lama aku menetapkan keinginan dalam hati, "Tunggu aku, Ma, Pa. 3 tahun lagi, aku juga ingin seperti mereka. Aku ingin jadi kebanggaan kalian."

16 September 2011, malam hari, Kebagusan - Pasar Minggu
Momen ini..
Biarlah aku yang paling tau betapa besarnya rasa bahagia dan haru di dalamnya.

Kami baru saja tiba di rumah. Turun dari mobil, di tanganku menggantung sebuah tabung wisuda, sekitar 20 rangkaian bunga, dan sejumlah kerajinan tangan cantik pemberian teman-teman tercinta. Aku segera menata rangkaian bunga tersebut menjadi beberapa kesatuan dan membiarkan bunga tersebut menyedot energi baru dari air di dalam wadah. Segera, aku berbenah dan membuka atribut wisuda. Hari ini sungguh bahagia.

Setelah berbenah, aku mendapati mama yang selesai shalat Isya, masih duduk di atas sajadahnya. Beringsut manja, aku menghampiri mama dan tiduran di atas kedua pahanya. Dengan penuh kasih sayang, ia usapkan tangannya ke kepala anaknya. Cukup lama, kami diam dan tidak mengeluarkan sepatah kata pun. Yang aku lihat, mama tersenyum.
"Ma.." aku berujar.
"Ya?"
"Hari ini mama senang nggak?"aku memulai pembicaraan.
"Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah." suara mama terdengar lembut.

Setelah itu, tak ada lagi percakapan di antara kami. Masih dengan posisi yang sama, aku tak ingat lagi berapa lama kami terdiam satu sama lain dalam bahasa verbal, untuk membentuk komunikasi dengan bahasa yang lain. Aku bahagia. Sebuah pembuktian akhirnya tiba. Sebuah hasil dari komitmen untuk bertanggung jawab menjalani pilihan hidup. Sebuah upacara wisuda dan hari terindah yang pernah kujalani.

Mama masih mengusap kepalaku lembut dengan kedua tangannya. Malam itu, aku tertidur di pangkuan mama. Tanpa beban. Damai. 

Malam ini, biarlah aku yang paling tau betapa besarnya rasa bahagia dan haru di dalamnya.

Wisudawati dan Wisudawan Terbaik Fakultas Teknik UI 2011 

Wisudawan Fakultas Teknik  UI 2011

No comments:

Post a Comment